Kamis, 08 Desember 2011 | By: RifkiArya

Malaysia : Luncurkan Taksi Khusus untuk melindungi Perempuan








Malaysia telah meluncurkan taksi khusus perempuan untuk melindungi kaum hawa dari hal-hal yang tak diinginkan. Lima puluh sopir perempuan telah disiapkan untuk mengemudikan lima puluh armada taksi khusus perempuan itu. Pemerintah Malaysia berharap jumlah taksi khusus wanita akan diperluas hingga 400 unit, surat kabar The Star dan New Straits Times melaporkan.

Heng Seai Kei, Deputi Bidang Pengembangan Perempuan, Keluarga dan Masyarakat, menegaskan bahwa taksi khusus ini diharapkan membuat perjalanan lebih aman bagi kaum perempuan serta memberikan lapangan pekerjaan bagi perempuan yang ingin menjadi sopir taksi.

"Kami berharap langkah ini akan mengurangi jumlah kasus perkosaan dan perampokan yang melibatkan sopir taksi dan korban para perempuan," kata Heng pada peluncuran layanan ini.

Akhir tahun lalu, perusahaan bus Malaysia telah mengoperasikan bus khusus perempuan meski hanya pada beberapa rute di Kuala Lumpur. Bus tersebut beroperasi saat jam sibuk untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual pada angkutan umum yang penuh sesak.

Sebelumnya Malaysia juga telah meluncurkan kereta api dengan gerbong berwarna pink khusus untuk perempuan sehingga memberikan perempuan di negara mayoritas Muslim itu pilihan untuk bepergian dengan terpisah dari laki-laki. [IK/EM]






Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment