Kamis, 17 November 2011 | By: RifkiArya

Sel Mewah yang di hargai 30juta !!








Sel Mewah Dihargai Rp 30 Juta







Syaripudin S Pane (43), mantan narapidana di Rumah Tahanan Salemba, sempat merekam kehidupan dan cerita di balik rutan dengan kamera video handphone miliknya tahun 2008. Film video sederhana itu bercerita tentang fasilitas di blok khusus koruptor.

Selama lima bulan pengusaha ekspor impor karpet itu mendekam di Rutan Salemba pada tahun 2008. Selama itu pula dia membuat 27 penggalan atau slot rekaman video. Durasinya mulai dari 1,5 menit sampai 3 menit. Total durasi 27 slot rekaman video itu sekitar 20 menit.

Dalam rekaman video Syaripudin diceritakan adanya praktik jual beli ruangan khusus untuk bercinta sampai kehidupan mewah di dalam blok rutan. Melalui video Syaripudin, terekam pula praktik jual beli ruangan yang biasa digunakan untuk melakukan hubungan suami istri.

Syaripudin diganjar hukuman penjara karena kasus pemalsuan dokumen yang dilakukan staf perusahaannya. Dia ditahan Polrestro Jakarta Pusat tanggal 11 November 2007 sampai Januari 2008. Pada 16 Januari, Syaripudin dikirim ke Rutan Salemba dengai status tahanan titipan kejaksaan. Dia mendapatkan cuti bersyarat tanggal 7 Mei 2008, korting dua bulan dari masa pembebasan.

Selama mendekam di penjara, Syaripudin secara kebetulan menghuni Blok K yang merupakan blok yang khusus dihuni para napi korupsi. Para penghuninya beragam latar belakang, mulai pejabat pemerintah sampai pejabat perusahaan yang tersandung kasus korupsi.

Menurut dia, calon penghuni Blok K biasanya dipungut Rp 30 juta untuk menempati sebuah kamar dengan fasilitas memadai. Harga itu berlaku sampai dengan pembebasan. "Setiap bulan, penghuni wajib mebayar uang kebersihan, keamanan, dan listrik sebesar Rp 1,25 juta," katanya.

Syaripudin menjelaskan, beberapa orang besar, seperti Nurdin Halid, pernah menghuni blok tersebut. Kondisi blok ini sangat berbeda dengan blok lain. Di sini tidak menggunakan pintu teralis. Pintu setiap ruangan laiknya sebuah pintu kayu rumah. Di dalamnya terdapat fasilitas AC, kulkas, dispenser, dan TV.

Blok tersebut juga dilengkapi lapangan bulu tangkis dan tenis meja. Di area tersebut terdapat fasilitas gym dan karaoke yang bisa digunakan penghuni blok. "Kalau ada orang mau ke sana harus melewati beberapa petugas keamanan. Petugas itu juga merupakan napi-napi di sana," tutur Syaripudin.



















Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment