Rabu, 30 November 2011 | By: RifkiArya

Operasi Zebra ! . ribuan kendaraan kena tilang !!



JAKARTA, KOMPAS.com 
Hari Pertama, 3.793 Kendaraan Kena Tilang[/color]


Sebanyak 3.793 kendaraan bermotor ditilang aparat kepolisian pada hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra 2011 kemarin, Senin (28/11/2011). Pelanggaran paling banyak dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, Selasa (29/11/2011), di Mapolda Metro Jaya.


Kami berharap operasi ini mampu mendisiplinkan masyarakat. Target operasi kali ini memang pelanggaran yang berpotensi kecelakaan atau pun kemacetan
"Sejak tanggal 28 November, sudah bisa kami tindak 3.793 pelanggaran," ujarnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga memberikan teguran simpatik sebanyak 801 teguran kepada para pengendara. Bukti yang disita yakni 1.493 Surat Izin Mengemudi (SIM), 2.232 Surat Tanda Nomor Kendaraan, serta 64 unit kendaraan roda dua dan 4 unit kendaraan roda empat. Kendaraan bermotor itu disita karena tidak memiliki SIM dan STNK.

Pelanggaran yang banyak dilakukan seperti pelanggaran rambu dan alat pemberi isyarat serta parkir sembarangan. Dilihat dari data, penilangan terhadap pelanggaran lalu lintas ini mampu menekan angka kecelakaan yang biasanya mencapai 2-3 kecelakaan per hari dengan korban jiwa mencapai 1-2 orang tiap harinya. Sementara angka kecelakaan pada tanggal 28 November 2011 berkurang menjadi 2 kejadian dengan korban luka berat 1 orang dan luka ringan 1 orang. Kerugian materil mencapai lebih dari Rp 5 juta.

"Kami berharap operasi ini mampu mendisiplinkan masyarakat. Target operasi kali ini memang pelanggaran yang berpotensi kecelakaan atau pun kemacetan," kata Sigit.

Seperti diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaksanakan Operasi Zebra mulai Senin (28/11/2011) sampai dengan 11 Desember 2011. Operasi akan mengedepankan penilangan terhadap setiap pelanggaran lalu lintas. Operasi akan dilakukan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya seperti di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang. Pengendara kendaraan pribadi dan angkutan umum menjadi target dalam Operasi Zebra kali ini.

Sumber :  Link




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment