Selasa, 08 November 2011 | By: RifkiArya

Nilai moral di FIlm kungfu panda




langsung aja, kita liat moral value dari ini film






“There is no secret ingredients, The secret is in you” ( jawaban sang ayah ketika Po bertanya kepada ayahnya, apa rahasia yg membuat setiap orang menyukai mie buatan ayahnya )


Po Si Panda:






Maksud yang tertuang: Tidak ada kriteria tertentu untuk menjadi hebat, tidak perlu banyak persyaratan untuk menjadi lebih baik, tidak ada rahasia apapun yang membuat seseorang menjadi besar, berdoa dan lakukan usaha yang terbaik, maka siapapun bisa menjadi apa yang mereka banggakan!!




2nd


“Yesterday is History, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that is why it’s called a present” ( Kata-kata Bijak master oogway kepada Po, ketika Po merasa dirinya tak berguna )


Maksud yang tertuang: Kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, tapi hari ini adalah anugerah, pengalaman yang telah lalu biarlah berlalu, jadikan pelajaran untuk bisa berbuat lebih baik, dan jangan cemaskan hari esok, tak usah berharap untuk berlari mengejar esok yang penuh misteri, berjalanlah perlahan menyelesaikan hari, dan percayalah bahwa hari ini merupakan anugerah.




3rd


"The Real Warrior never quit” ( canda Master Syifu kepada Po, disela-sela mengajari Po kungfu )


Maksud yang tertuang: Pejuang sejati tidak mengenal kata menyerah, jika ingin berhasil dalam hal apapun, kita harus punya mental kuat dan sikap pantang menyerah.




4th
“You Have to believe, Just believe” ( kata kata Master Oogway untuk meyakinkan Master Shifu bahwa dibalik kelemahan PO terdapat kekuatan hebat )


Maksud yang tertuang: Jika tidak percaya, maka hal apapun tidak akan terjadi, percaya terlebih dahulu dan teguhkan niat sebelum membuat semuanya terjadi.


5th
The secret to be special is you have to believe you're special.


Po hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasia Kitab Naga, yang hanya berupa lembaran kosong.


Wejangan dari ayahnya-lah yang akhirnya membuatnya kembali bersemangat dan memandang positif dirinya sendiri.
Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga kita pun akan punya daya dorong untuk melakukan hal-hal yang


spesial. Kita akan bisa, kalau kita berpikir kita bisa. Seperti kata Master Oogway, You just need to believe




6th


Hidup memang penuh kepahitan, tapi jangan biarkan kepahitan tinggal dalam hatimu.


Setelah dikhianati oleh Tai Lung, Shi Fu tidak pernah lagi menunjukkan kebanggaan dan kasih sayang pada murid-muridnya.


Sisi terburuk dari kepahitan adalah kita tidak bisa merasakan kasih sayang dan tidak bisa berbagi kasih sayang.




7th


.Keluarga sangatlah penting.


Di saat merasa terpuruk, Po disambut hangat oleh sang ayah. Berkat ayahnya pula Po dapat memecahkan rahasia
Kitab Naga dan menjadi Pendekar nomor satu. Sudahkah kita memberi dukungan pada anggota keluarga kita?


kungfu panda2 itu ada kata-kata ini gan:"Your story…might not have such a happy beginning, but that doesn’t make you who you are …!! It’s the rest of your story … Who you choose to be !!"

Artinya
"Cerita kamu mungkin tidak berakhir bahagia,tapi itu tidak akan membuat kamu seperti dirimu apa adanya, tetapi keseluruhan isi cerita yang menjadikan dirimu apa adanya"

Dengan menyadari dia adalah Po … Dragon Warrior dan Putra dari Bapak Angsa yang begitu mencintainya dan merawatnya dengan tulus dengan kasih sayangnya. Itulah jati dirinya sekarang. Dengan inner peace … ini akhirnya Po menemukan rahasia tertinggi dalam kungfu, yang bahkan Master Shi Fu pun baru bisa mencapai level ini setelah puluhan tahun, melewati banyak proses meditasi dan penerimaan akan hal-hal yang tidak diinginkan atau membuat mental kita jatuh dan sempat putus asa, tapi hal-hal itu justru hadir kedalam kehidupan.

Maksud yang tertuang: Dengan berdamai(menerima) dengan masa lalu/melupakan dendam kepada orang lain,walaupun kebenaran itu sangat menyedihkan, kita akan mengetahui siapa diri kita sebenarnya, dan kedamaian dalam diri itu akan mengeluarkan potensi diri kita.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment