Jumat, 24 Februari 2012 | By: RifkiArya

"iPad" dari Angkatan Udara Pakistan

PACPAD penantang iPad buatan Angkatan Udara Pakistan


Menggunakan sistem operasi Android 2.3

Militer Pakistan kini punya kegiatan baru selain menjaga perbatasannya dari para penyusup Al Qaedah dan Taliban yakni mengembangkan komputer tablet dalam negeri.

Dalam markas angkatan udara, tempat negeri di Asia Selatan itu mengembangkan jet tempur dan sistem persenjataan, sejumlah teknisi Pakistan menggunakan komponen buatan China untuk membuat tablet pertamanya.

Proyek itu sendiri dikerjakan di sebuah pangkalan udara di Kamra, Pakistan bagian utara, tempat para teknisi merakit tablet yang mereka sebut PACPAD 1.

"Produk aslinya adalah iPad, salinannya adalah PACPAD," kata Mohammad Imran yang menjual produk-produk itu toko komputer dan telepon selulernya di sebuah mall di Rawalpindi, tidak jauh dari Kamra.

PACPAD menggunakan sistem operasi Android 2.3 sementara sebagian besar komponen perangkat keras yang digunakan berasal dari China. Dengan harga $200, sekitar RP.1,8 juta, tablet itu dijual dengan garansi selama satu tahun.

PAC, dalam nama tablet itu, merupakan singakatan dari Pakistan Aeronautical Complex, tempat tablet itu dibuat. PAC juga membuat sebuah pembaca buku digital dan laptop kecil.
Penulis: Times of India/ Liberty Jemadu




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment