Selasa, 31 Januari 2012 | By: RifkiArya

“Perang” Tiga Smartphone Dalam Berbagai Versi



Alkisah, tersebutlah adanya penguasa jagat smartphone di dunia yang bernama Symbian. Symbian yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh − dan sebagian besar juga digunakan dalam produk − Nokia pernah, dan masih, merajai jagat smartphone di dunia dengan pangsa pasar yang sangat besar, kalau tidak salah pernah mencapai angka di atas 40%.
Tapi sejak beberapa tahun terakhir ini, pangsa pasar tersebut terus menurun dan semakin lama semakin menurun. Penyebabnya tidak lain karena muncul jagoan baru yang bernama iPhone(sekarang sistem operasinya bernama iOS), Blackberry OS, dan Android OS.
Pangsa Pasar iPhone, Blackberry dan Android
Sampai kuartal ketiga tahun 2010 ini, penjualan iPhone dan Blackberry menunjukkan kenaikan yang impresif dan mencatat rekor tertinggi dalam sejarah kedua perusahaan tersebut. Penjualan iPhone bahkan berhasil melampaui jumlah penjualan yang dicatat oleh Blackberry. Keduanya pun kini berada di posisi 5 besar vendor handphone global, menggusur Sony Ericsson keluar dari 5 besar untuk pertama kalinya sejak tahun 2004 (dan pada kuartal sebelumnya Blackberry mendepak Motorola makin menjauh dari 5 besar).
Namun rekor yang sangat fantastis ternyata ditorehkan oleh sistem operasi paling baru: Android. Sistem operasi besutan Google ini memang didukung oleh banyak vendor yang tergabung dalam Open Handset Alliance (OHA) seperti HTC, Samsung, Sony Ericsson, Motorola, LG dan masih banyak yang lainnya.
Menurut laporan Canalys, Android yang di Q2 2010 menunjukkan peningkatan sebesar 886%, di Q3 2010 ini bahkan berhasil melampaui angka seribu persen, yaitu naik sebesar 1.309%.
Khusus di wilayah Amerika Serikat, pangsa pasar smartphone adalah seperti pada tabel di bawah ini:
Baca laporan lengkap Canalys di sini: Apple takes the lead in the US smart phone market with a 26% share.
Komik tentang iPhone vs. Blackberry vs. Android
Ada komik yang menarik dari C-Section Comics, yaitu tentang bagaimana pengguna ketiga OS tersebut memandang dirinya sendiri dan pengguna lainnya.
Penjelasannya kira-kira seperti ini:
iPhone
  • Pengguna iPhone melihat dirinya sendiri: Sexy
  • Pengguna Blackberry melihat pengguna iPhone: Newbie, anak kemaren sore
  • Pengguna Android melihat pengguna iPhone: cult atau penyembah Steve Jobs (istilah lainnya fanboy)
Android
  • Android user melihat dirinya sendiri: Seperti Albert Einstein (super jenius)
  • Pengguna iPhone melihat pengguna Android: Geek/Nerd
  • Pengguna Blackberry melihat pengguna Android: sebagai pengantar pizza (karena ada free turn by turn navigation dari Android)
Blackberry
  • Penggunan Blackberry melihat dirinya sendiri: Profesional muda yang cool
  • Pengguna iPhone melihat pengguna Blackberry: Tua dan ketinggalan jaman
  • Pengguna Android melihat pengguna Blackberry: seperti jaman dinosaurus/jaman purba (ketinggalan jaman)
Setujukah Anda?
Pandangan Pengguna Smartphone Terhadap Pengguna Handphone 2G
Lalu menurut situs komik di atas, seperti inilah para pengguna smartphone melihat pengguna handphone 2G (handphone model lama):




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment