Los Angeles (ANTARA News) - Film serbuan makhluk asing "Battle: Los Angeles" mengibarkan bendera kemenangan sebagai film teratas Amerika Utara pada akhir pekan lalu, dengan mengumpulkan 36 juta dolar AS dalam perjalanan menuju posisi no.1 di daftar box office.

Film tersebut, yang bercerita tentang sekelompok Marinir AS yang membela kota itu dari makhluk luar angkasa, mengalahkan dua film baru lain di berbagai bioskop --thriler "Red Riding Hood" dan animasi "Mars Needs Moms". Kedua film baru itu menjadi kegagalan mahal buat Disney Studios, demikian perkiraan studio tersebut, Ahad (13/3).

"Battle: Los Angeles" juga dibuka di 33 pasar luar negeri, tempat film itu mengantungi 16,7 juta dolar sehingga mendorong penghasilannya dari seluruh dunia jadi hampir 53 juta dolar selama akhir pekan debutnya di berbagai bioskop.

"Film tersebut menyentuh harapan," kata Rory Bruer, kepala distribusi buat satuan film Sony Pictures, yang meluncurkan film itu. Ia menyebut pembukaan tersebut "hasil yang luar biasa".

Namun kondisi berbeda buat "Red Riding Hood", versi modern dari film klasik yang berkisah tentang seorang gadis, neneknya dan srigala yang haus darah. Film yang diluncurkan oleh Warner Bros. itu mengantungi 14,1 juta dolar , di bawah perkiraan praakhir pekan buat debut film tersebut di dalam negeri, yaitu 20 juta dolar . Film itu bercokol di posisi No.3.

Film teratas pekan sebelumnya, komedi kartun "Rango", turun ke urutan No.2 dari penjualan tiket. Film tersebut meraup 23 juta dolar dari penjualan buat distributornya, Paramount Pictures, sehingga penghasilan totalnya selama dua pekan di berbagai bioskop di Kanada dan AS mencapai 67 juta dolar .

Film keluarga yang dibuat dengan biaya mahal oleh Disney "Mars Needs Moms" hanya meraih 6,8 juta dolar setelah studio itu dilaporkan mengeluarkan 150 juta dolar untuk membuatnya dan jutaan dolar lagi untuk memasarkannya.

Film tersebut berada di No.5, jauh di belakang thriler Universal Pictures "The Adjustment Bureau", yang menduduki posisi ke-4 dengan pemasukan 11,5 juta dolar pada akhir pekan keduanya.

Sony Pictures adalah divisi perusahaan raksasa elektronik Sony Corp. Warner Bros. adalah bagian dari Time Warner Inc., dan Paramount Pictures adalah satu unit Viacom Inc.

Universal Pictures adalah bagian dari kelompok media NBC Universal yang dikuasai oleh Comcast Corp, dan studio film Disney dimiliki oleh The Walt Disney Co.
(C003)